Definisi Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan dan Pendampingan.

Tugas!

Definisi Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan dan Pendampingan.

  • Definisi Pendidikan
  1. Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin terjadi didalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda. Mungkin pula terjadi dengan sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup. (John Dewey)
  2. Pendidikan adalah proses yang terus menerus (Abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi mahluk manusia yang telah berkembangan secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanivestasi dalam alam sekitar intelektual dan kemanusiaan dari manusia. (H. Horne)

Berdasarkan definisi dari para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan proses pembaharuan makna pengalaman yang terus menerus, terjadi didalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda mungkin juga terjadi secara dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial.

Sumber:

Scribd. Definisi Pendidikan. [Online]

Tersedia: http://www.scribd.com/doc/7592955/Definisi-Pendidikan  [27 februari 2011]

 

  • Definisi Pelatihan
  1. Pelatihan atau training sebagai suatu kegiatan yang bermaksud untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dari karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan. Pelatihan yang dimaksudkan adalah pelatihan dalam pengertian yang luas tidak terbatas hanya untuk mengembangkan keterampilan semata. (Netisimito, 1996:35)
  2. Pelatihan sebagai proses sistematis dimana karyawan mempelajari pengetahuan (Knowledge), keterampilan (Skill), Kemampuan (Ability) atau prilaku terhadap tujuan pribadi organisasi. (Carrell dan Kuzmits 1982:282)
  3. Pelatihan berarti menuntun dan mengarahkan perkembangan dari peserta pelatihan melalui pengetahuan, keahlian dan sikap yang diperoleh untuk memenuhi standar tertentu. (Drummond, 1990:63)

Berdasarkan definisi dari para ahli diatas tentang pelatihan, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan adalah suatu proses kegiatan yang dimaksudkan untuk memperbaiki sikap, tingkahlaku, keterampilan serta pengtahuan baik itu dari karyawan atau peserta pelatihan untuk memenuhi standar (standar sikap, tingkahlaku, keterampila serta pengetahuan yang ditetapkan perusahaan) tententu guna mencapai tujuan perusahaan.

Sumber:

Intermedia network. (2010). Definisi Training, [Online]

Tersedia: http://infointermedia.com/search/definisi-pelatihan-menurut-ahli [27 Februari 2011]

 

  •       Definisi Pengembangan

Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.

  •       Definisi Pendampingan

Pendampingan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dan dapat bermakna pembinaan, pengajaran, pengarahan dalam kelompok yang lebih berkonotasi pada menguasai, mengendalikan, dan mengontrol.

 Perbedaan antara pendidikan, pelatihan, pengembangan dan pendampingan

Istilah

Perbedaan

Pendidikan
  • Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan manusia untuk mengembangkan potensi dirinya selama masa hidupnya mulai dari manusia itu dilahirkan sampai manusia itu mati.
 Pelatihan
  • Istilah pelatihan biasanya dipakai untuk pegawai pelaksana dan pengawas.
  • Pelatihan merupakan proses membantu tenaga kerja untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan merekayang sekarang atau yang akan datang melalui pengembangan kebiasaan tentang pikiran, tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap yang layak.
  • Pelatihan berhubungan dengan efektifitas pekerjaan individu tenaga kerja dan hubungan antara tenaga kerja yang dikembangkan merupakan program untuk memudahkan pencapaian tujuan perusahaan/lembaga.
  • Pelatihan merupakan proses memberikan bantuan bagi para pekerja untuk menguasai keterampilan khusus atau membantu untuk memperbaiki kekurangannya dalam melaksanakan pekerjaan.
Pengembangan
  • Isitilah pengembangan biasanya dipakai untuk pegawai tingkat manajemen.
  • Proses pengembangan terdiri dari tindakan memutuskan kompetensi, keterampilan atau pengetahuan yang perlu dikembangkan dan bagaimana mencapainya.
  • Pengembangan bukan sekedar pelatihan, banyak kesempatan untuk melaksanakan pengembangan yang muncul dari pekerjaan itu sendiri.
  • Pengembangan merupakan bagian dari proses pendidikan dan pelatihan, dimana melalui pendidikan dan pelatihan ini diharapkan pegawai mampu memiliki keterampilan yang lebih dibandingkan sebelumnya.
 Pendampingan
  • Pendampingan lebih bermakna pada kebersamaan atau kesejajaran, dimana kedudukan antara keduanya (pendamping dan yang didampingi) sederajat, sehingga tidak ada istilah atasan maupun bawahan. Hal ini membawa implikasi bahwa peran pendamping hanya sebatas pada memberikan alternatif, saran, dan bantuan konsultatif dan tidak pada pengambilan keputusan.

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s