Tugas Membuat Kerangka Berpikir Pelatihan

Penggunaan Fasilitas E-Learning sebagai layanan belajar mahasiswaKerangka Berpikir Pelatihan

Kebutuhan akan pelatihan ini dimulai dari bagaimana adanya sebuah fenomena-fenomena makro dan mikro yang mengarah pada kondisi Dosen dan Mahasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan UPI Bandung. Yang akan menjadi pijakan dalam pelatihan ini adalah pengembangan empat kompetensi E-Learning dalam pembelajaran yaitu: 1) Kompetensi dasar meliputi pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan fasilitas e-Learning untuk pembelajaran; 2) Kompetensi pembeda yaitu kepercayaan diri dari dosen dan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas e-learning untuk pembelajaran; 3) Pengembangan karakteristik pribadi yaitu mengembangkan konsistensi dosen dan mahasiswa dalam menerapkan fasilitas e-learning dalam pembelajaran; 4) Motif; yaitu mengembangkan motivasi dan keinginan dosen dan mahasiswa untuk mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan bantuan fasilitas e-learning;. Keempat kompetensi penggunaan fasilitas e-learning dalam pembelajaran tersebut tingkat penguasaan peserta pelatihan memerlukan pengembangan dan pembinaan melalui pelatihan yang terencana dan terstruktur.

Berpijak dari ruang linkup kompetensi tersebut disusunlah sebuah tujuan pelatihan yang meliputi tiga komponen inti dapat dilihat pada bagan 1 dan kemudian disusunlah kurikulum pelatihan. Setelah  itu dilaksanakannya pelatihan dan kemudian dilakukan evaluasi pelatihan untuk melihat seberapa besar tingkat kertercapaian dari tujuan pelatihan tersebut.

Kerangka Berpikir Pelatihan



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s